Press "Enter" to skip to content

Simarasok Dikunjungi Pemerhati Lingkungan Belanda

Tetamu dari Belanda Mengunjungi Hutan Nagari Simarasok. Foto Hendra Simarasok

Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Simarasok mendapat Kunjungan  dari tim Pemerhati Lingkungan  Belanda. Kunjungan Kali Ini di hadiri oleh KKI Warsi selaku Mitra LPHN Simarasok. Sebanyak 18 Tamu Kehormatan Tiba di Simarasok Pada Rabu,  19 Sep 2018  pukul 10.00 Wib. Rombongan ini di sambut hangat oleh Ketua KPHL Agam Raya Afniwarman, Camat Baso Surya Wendri,  Kapolsek, Babinsa, Babinkamtibmas Baso,  Pemerintahan Nagari Simarasok serta anggota LPHN.

LPHN Simarasok merupakan satu satunya Perhutanan sosial Di Sumatera Barat yang dikunjungi tim Pemerhati Lingkungan dunia ini. Direktur KKI Warsi dalam  sambutannya menjelaskan bahwa LPHN Simarasok dipilih karena memiliki potensi untuk terus di kembangkan.   Hutannya masih asri dan Terjaga. Selain itu LPHN Juga memanfaatkan hutan untuk meningkatkan perekonomian anggota tanpa merusak hutan. Kegiatan yang dilakukan antara lain budidaya lebah madu.

Simarasok turut menyukseskan program pemerintah untuk dalam mencapai taget12,7 Juta Ha Perhutanan Sosial.  “Simarasok mengelola 394 Ha,” ungkap Ketua LPHN Simarasok Muhammad Zakir.

Senada dengan itu Camat Baso Bapak Surya Wendri menjelaskan LPHN benar-benar menjawab tantangan pemerintah pusat,  membangun perekonomian dari pinggiran.  Dan Alhamdulillah LPHN sudah melakukannya.  Seperti penanaman kopi,  pembibitan tanaman,  membina kelompok tani hutan dan budidaya lebah madu. “Tentu Ini akan berdampak kepada pemasukan masyarakat,” ujar Camat.

Foto Hendra/Simarasok

Dalam kunjungan ini, para tetamu diajak untuk merasakan sejuknya hutan Simarasok. Mereka di bawa menuju Rimbo Asahan yang memiliki sumber air yang sangat melimpah. Rombongan juga diajak menikmati Goa (Ngalau) Agam Tabik yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Goa ini sangat mungkin dikembangkan sebagai kawasan wisata nagari. Dengan panjang sekitar 4 km, diyakini galai ini sebagai goa terpanjang di Sumatera Barat.

Penyambutan Tamu. Foto Hendra/Simarasok

Kunjungan dari tetamu dan kegiatan pengelolaan sumber daya alam yang berlangsung di Simarasok diharapkan akan semakin meningkatkan semangat masyarakat. Menjaga Hutan, dan masyarakat tetap merasakan manfaatnya.  (Hendra)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *